Teknik Sulam yang dapat dilakukan Bordir Komputer

Teknik Sulam yang dapat dilakukan Bordir Komputer

Di zaman yang modern ini banyak hal yang awalnya hanya dilakukan secara tradisional mulai digantikan oleh mesin. Hal ini lah yang juga terjadi pada dunia bordir. Bordir tradisional dengan tangan sekarang sudah bisa dilakukan dengan mesin-mesin komputer khusus. Tapi dengan perkembangan ini juga terdapat limitasi serta teknik-teknik tertentu yang bisa dilakukan. Hal itu sendiri tergantung dari mesin serta kapabilitasnya. Tapi, jika teman-teman belum mengetahui apa-apa dan baru di dunia bordir komputer serta ingin mengetahui apa yang bisa kalian lakukan dengan teknik ini, ada beberapa teknik sulam yang secara general dapat dilakukan oleh mesin bordir komputer. Langsung saya yuk kita simak!

Tusuk Lurus

Dalam desain bordir dibutuhkan suatu rencana agar tidak asal menjahit, tusuk lurus adalah teknik yang akan membantu dalam hal itu. Biasanya, teknik tusuk lurus dipakai untuk membuat kerangka atau pinggiran pada bagian yang akan dibordir. Teknik ini cocok karena dapat membentuk desain dengan satu garis yang akan menjadi patokan untuk bordir yang lain. Dalam melakukan ini, maka batasan akan terlihat jelas dan tidak ada bordir yang keluar dari desain. Hal ini akan membuat desain tampak rapi dan professional.

Desain yang dapat dibentuk beragam. Karena namanya yang merupakan tusuk lurus, orang-orang beranggapan bahwa desain yang dapat dibentuk hanyalah garis lurus yang tegak, namun sebenarnya teknik ini dapat melakukan lebih dari itu. Tusuk lurus dapat membuat garis lurus ataupun lengkungan sesuai dengan desain yang diinginkan serta permintaan  pembeli. Desain yang dibuat juga bervariatif mulai dari bunga, dedaunan hingga struktur yang sedikit lebih rumit dan berbelit. Walau tampaknya sangat simple, dengan bordir komputer teknik ini dapat menghasilkan detail yang sangat tinggi dan ini memperbolehkan kita berekspiremen dengan desain yang ingin kita geluti. Teknik ini selain membuat kerangka juga bisa digunakan untuk mengisi kerangka yang sudah dibuat tergantung dengan kebutuhan desain.

Tusuk Zig-Zag

Nah jika kalian ingin desain yang sangat kompleks, maka ada teknik sulam tusuk zig-zag yang cocok untuk hal-hal seperti itu. Tusuk yang sesuai namanya ini dibentuk dengan menyilangkan benang-benang juga dikenal dengan nama tusuk flanel. Mungkin kalian sendiri sudah pernah melihat teknik sulam ini karena sering dipakai dipinggiran baju karena teknik nya yang kuat dan dapat merekatkan kain. Bentuknya seperti bersilangan di atas dan bawahnya dalam bentuk zig-zag.

Tetapi, selain menjadi salah satu teknik yang dapat membuat baju rekat kainnya satu dengan yang lain, teknik ini juga dapat membuat hiasan yang lebih kompleks. Jika teknik tusuk lurus hanya bisa membuat bunga simple, teknik tusuk zig zag dapat membuat bunga yang lebih kompleks dan detail. Begitu juga bentuk floral yang lain serta elemen alam lain juga. Teknik ini juga bisa membuat bentuk-bentuk binatang seperti burung, kucing, anjing, hingga harimau. Ditambah lagi dengan ketajaman detail yang dapat diberikan bordir komputer, menjadikan desain yang dapat kalian buat lebih bervariatif.

Secara umum bordir komputer biasanya memiliki teknik sulam tersebut. Tergantung dengan program serta mesin yang ada bisa saja teknik sulam yang ada lebih banyak. Misalkan teknik tusuk ranting, tusuk rantai,tusuk silang, tusuk holben, tusuk feston, dan lain-lain. Kalian bisa meng-eksplorasi tergantung ide serta mesin yang ada. Tetapi, dengan kedua teknik itupun, bordir komputer yang sangat teliti dalam detail sudah dapat menghasilkan bordir yang sangat akurat dengan apa yang kalian  inginkan.